OS Debian

Debian

Debian Project adalah sebuah asosiasi dari individu-individu yang telah membuat penyebab umum untuk menciptakan sebuah bebas sistem operasi. Sistem operasi yang kami buat ini disebut Debian .

Sistem operasi adalah seperangkat program dasar dan utilitas yang membuat komputer Anda berjalan. Inti dari sistem operasi adalah kernel. Kernel adalah program paling mendasar di komputer dan melakukan semua tata graha dasar dan memungkinkan Anda memulai program lain.

Sistem Debian saat ini menggunakan kernel Linux atau kernel FreeBSD . Linux adalah perangkat lunak yang dimulai oleh Linus Torvalds dan didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia. FreeBSD adalah sistem operasi termasuk kernel dan perangkat lunak lainnya.

Namun, pekerjaan sedang berlangsung untuk menyediakan Debian untuk kernel lain, terutama untuk Hurd . Hurd adalah kumpulan server yang berjalan di atas mikrokernel (seperti Mach) untuk mengimplementasikan fitur yang berbeda. The Hurd adalah perangkat lunak gratis yang diproduksi oleh proyek GNU .

Sebagian besar alat dasar yang mengisi sistem operasi berasal dari proyek GNU ; maka nama-nama: GNU / Linux, GNU / kFreeBSD, dan GNU / Hurd. Alat-alat ini juga gratis.

Tentu saja, hal yang diinginkan orang adalah perangkat lunak aplikasi: program untuk membantu mereka mendapatkan apa yang ingin mereka lakukan, mulai dari mengedit dokumen hingga menjalankan bisnis untuk bermain game hingga menulis lebih banyak perangkat lunak. Debian hadir dengan lebih dari 51000 paket (perangkat lunak yang dikompilasi yang dikemas dalam format yang bagus untuk kemudahan instalasi pada mesin Anda), manajer paket (APT), dan utilitas lain yang memungkinkan untuk mengelola ribuan paket di ribuan komputer dengan mudah seperti menginstal aplikasi tunggal. Semuanya gratis .

Ini seperti menara. Di pangkalan adalah kernel. Di atas itu semua alat dasar. Selanjutnya adalah semua perangkat lunak yang Anda jalankan di komputer. Di bagian atas menara adalah Debian – dengan hati-hati mengatur dan memasang segala sesuatu sehingga semuanya bekerja sama.

Semuanya gratis?

Anda mungkin bertanya-tanya: mengapa orang menghabiskan berjam-jam waktu mereka sendiri untuk menulis perangkat lunak, dengan hati-hati mengemasnya, dan kemudian memberikannya semua? Jawabannya beragam seperti orang-orang yang berkontribusi. Beberapa orang suka membantu orang lain. Banyak program menulis untuk mempelajari lebih lanjut tentang komputer. Semakin banyak orang mencari cara untuk menghindari harga perangkat lunak yang meningkat. Kerumunan yang semakin besar berkontribusi sebagai ucapan terima kasih atas semua perangkat lunak bebas hebat yang mereka terima dari orang lain. Banyak di dunia akademis membuat perangkat lunak bebas untuk membantu mendapatkan hasil penelitian mereka menjadi penggunaan yang lebih luas. Bisnis membantu memelihara perangkat lunak bebas sehingga mereka dapat memiliki suara dalam cara mengembangkannya – tidak ada cara yang lebih cepat untuk mendapatkan fitur baru daripada menerapkannya sendiri! Tentu saja, banyak dari kita hanya merasa sangat menyenangkan.

Debian sangat berkomitmen untuk perangkat lunak bebas yang kami pikir akan berguna jika komitmen itu diformalkan dalam dokumen tertulis. Dengan demikian, Kontrak Sosial kami lahir.

Meskipun Debian percaya pada perangkat lunak bebas, ada beberapa kasus di mana orang ingin atau perlu menempatkan perangkat lunak tidak bebas di komputer mereka. Bilamana mungkin Debian akan mendukung ini. Bahkan ada semakin banyak paket yang tugas utamanya adalah menginstal perangkat lunak tidak bebas ke dalam sistem Debian.

Anda mengatakan gratis, tetapi CD / biaya bandwidth uang!

Anda mungkin bertanya: Jika perangkat lunak itu gratis, mengapa saya harus membayar vendor untuk CD, atau membayar ISP untuk mengunduh?

Ketika membeli CD, Anda membayar untuk waktu seseorang, pengeluaran modal untuk membuat disk, dan risiko (jika mereka tidak menjual semuanya). Dengan kata lain, Anda membayar untuk media fisik yang digunakan untuk mengirimkan perangkat lunak, bukan untuk perangkat lunak itu sendiri.

Saat kami menggunakan kata “gratis”, kami mengacu pada kebebasan perangkat lunak , bukan tanpa biaya. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang apa yang kami maksud dengan “perangkat lunak bebas” dan apa yang dikatakan oleh Yayasan Perangkat Lunak Bebas tentang hal itu.

Kebanyakan perangkat lunak berharga lebih dari 100 dolar AS. Bagaimana Anda bisa memberikannya?

Pertanyaan yang lebih baik adalah bagaimana perusahaan perangkat lunak lolos dengan pengisian begitu banyak? Perangkat lunak tidak seperti membuat mobil. Setelah Anda membuat satu salinan perangkat lunak Anda, biaya produksi untuk membuat satu juta lebih kecil (ada alasan Microsoft memiliki begitu banyak miliaran di bank).

Lihatlah dengan cara lain: jika Anda memiliki persediaan pasir yang tak ada habisnya di halaman belakang Anda, Anda mungkin bersedia memberikan pasir. Akan sangat bodoh, untuk membayar truk untuk membawanya ke orang lain. Anda akan membuat mereka datang dan mendapatkannya sendiri (setara dengan mengunduh dari internet) atau mereka dapat membayar orang lain untuk mengirimkannya ke pintu mereka (setara dengan membeli CD). Ini persis bagaimana Debian beroperasi dan mengapa sebagian besar CD / DVD sangat murah (hanya sekitar 12 USD untuk 4 DVD).

Debian tidak menghasilkan uang dari penjualan CD. Pada saat yang sama, uang diperlukan untuk membayar pengeluaran seperti pendaftaran domain dan perangkat keras. Jadi, kami meminta Anda membeli dari salah satu vendor CD yangmenyumbangkan sebagian dari pembelian Anda ke Debian.

Perangkat keras apa yang didukung?

Debian akan berjalan di hampir semua komputer pribadi, termasuk sebagian besar model lama. Setiap rilis baru dari Debian umumnya mendukung lebih banyak arsitektur komputer. Untuk daftar lengkap yang didukung saat ini, lihat dokumentasi untuk rilis stabil .

Hampir semua perangkat keras umum didukung. Jika Anda ingin memastikan bahwa semua perangkat yang terhubung ke komputer Anda didukung, periksa HOWTO Kompatibilitas Perangkat Keras Linux .

Ada beberapa perusahaan yang membuat dukungan sulit dengan tidak merilis spesifikasi untuk perangkat keras mereka. Ini berarti Anda mungkin tidak dapat menggunakan perangkat keras mereka dengan GNU / Linux. Beberapa perusahaan menyediakan driver yang tidak bebas, tetapi itu adalah masalah karena perusahaan nantinya dapat keluar dari bisnis atau menghentikan dukungan untuk perangkat keras yang Anda miliki. Kami menyarankan Anda hanya membeli perangkat keras dari produsen yang menyediakan driver gratis untuk produk mereka.

Saya mencari informasi lebih lanjut.

Anda mungkin ingin memeriksa FAQ kami .

Saya masih belum yakin.

Jangan percaya kata-kata kami – cobalah Debian sendiri. Karena ruang hard disk menjadi lebih murah, Anda mungkin dapat menghemat sekitar 2GB. Jika Anda tidak menginginkan atau membutuhkan desktop grafis, 600MB sudah mencukupi. Debian dapat dengan mudah dipasang di ruang ekstra ini dan dapat berdampingan dengan OS Anda yang sudah ada. Jika Anda akhirnya membutuhkan lebih banyak ruang, Anda cukup menghapus salah satu OS Anda (dan setelah Anda melihat kekuatan sistem Debian, kami yakin Anda tidak akan menghapus Debian).

Saat mencoba sistem operasi baru akan menghabiskan sebagian waktu berharga Anda, dapat dimengerti bahwa Anda mungkin memiliki reservasi. Untuk alasan ini kami menyusun daftar pro dan kontra dari Debian . Ini akan membantu Anda memutuskan apakah Anda pikir itu sepadan. Kami harap Anda menghargai kejujuran dan kejujuran kami.

Bagaimana cara saya mendapatkan Debian?

Sangat populer untuk menginstal Debian dari CD yang dapat Anda beli untuk harga media di salah satu dari banyak vendor CD kami. Jika Anda memiliki akses Internet yang baik, Anda dapat mengunduh dan menginstal Debian melalui Internet.

Silakan lihat halaman kami tentang mendapatkan Debian untuk informasi lebih lanjut.

Jika Anda belum melakukannya, Anda mungkin ingin melihat dulu Linux Hardware Compatibility HOWTO .

Jangan lupa untuk melihat-lihat paket – paket yang kami tawarkan (semoga Anda tidak terintimidasi oleh banyaknya).

Saya tidak bisa mengatur semuanya sendiri. Bagaimana saya mendapatkan dukungan untuk Debian?

Anda bisa mendapatkan bantuan dengan membaca dokumentasi yang tersedia di situs web dan dalam paket yang dapat Anda instal di sistem Anda. Anda juga dapat menghubungi kami melalui milis atau menggunakan IRC. Seseorang bahkan dapat menyewa konsultan untuk melakukan pekerjaan itu.

Silakan lihat dokumentasi dan halaman dukungan kami untuk informasi lebih lanjut.

Siapa kalian semua?

Debian diproduksi oleh hampir seribu pengembang aktif yang tersebar di seluruh dunia yang menjadi sukarelawan di waktu luang mereka. Hanya sedikit pengembang yang benar-benar bertemu secara langsung. Komunikasi dilakukan terutama melalui e-mail (milis di lists.debian.org) dan IRC (saluran #debian di irc.debian.org).

Proyek Debian memiliki struktur yang diatur dengan hati-hati . Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana Debian terlihat dari dalam, silakan menelusuri sudut pengembang .

Siapa yang menggunakan Debian?

Meskipun tidak ada statistik yang tepat tersedia (karena Debian tidak mengharuskan pengguna untuk mendaftar), bukti cukup kuat bahwa Debian digunakan oleh berbagai organisasi, besar dan kecil, serta ribuan individu. Lihat siapa yang menggunakan Debian? halaman untuk daftar organisasi profil tinggi yang telah mengirimkan deskripsi singkat tentang bagaimana dan mengapa mereka menggunakan Debian.

Bagaimana semuanya dimulai?

Debian dimulai pada bulan Agustus 1993 oleh Ian Murdock, sebagai distribusi baru yang akan dibuat secara terbuka, dalam semangat Linux dan GNU. Debian dimaksudkan untuk secara hati-hati dan secara sadar disatukan, dan untuk dipelihara dan didukung dengan perhatian yang sama. Ini dimulai sebagai kelompok kecil peretas perangkat lunak bebas, dan secara bertahap berkembang menjadi komunitas pengembang dan pengguna yang besar dan terorganisasi dengan baik. Lihat sejarah terperinci .

Karena banyak orang bertanya, Debian diucapkan /ˈde.bi.ən/. Itu berasal dari nama-nama pencipta Debian, Ian Murdock, dan istrinya, Debra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!